Desain Rumah Sehat Untuk Hunian Modern

Rumah sehat adalah rumah yang memberi efek positif terhadap penghuni dan fisik bangunan itu sendiri. Semua elemen dan infrastruktur yang berkaitan sudah memenuhi kebutuhan penghuni dan memberikan efek kesehatan bagi yang berada dilingkungan rumah tersebut. Apakah rumah anda sudah termasuk kedalam rumah sehat?


Desain rumah sehat tidak selalu luas dan lega namun lebih kepada nilai estetika, kenyamanan dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Indikasi rumah sehat tersebut sebenarnya bukan suatu hal yang baru, dari petunjuk dasar desain bangunan juga sudah disinggung masalah amdal yang mengatur setiap bangunan harus berdampak baik terhadap lingkungan atau tidak mengganggu keseimbangan daerah sekitar. Saat ini lebih dari itu, "amdal" tidak hanya untuk lingkungan namun juga ditujukan pada kenyamanan dan kesehatan penghuni. Bagaimana sebuah rumah menjadi bagian penting untuk kesehatan manusia dengan demikian goalnya adalah keluarga yang sehat dan berfikir positif. lalu bagaiman bangunan bisa memberikan peranya seperti itu? Semuanya didapat dari desain dan penempatan elemen yang baik. Berikut ini yang bisa dilakukan.

1. Sirkulasi Udara Yang Baik
Rumah dengan sirkulasi udara yang baik  menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan, untuk itu perlu perencanaan ventilasi dan bukaan yang benar. Untuk bukaan anda bisa membuat bukaan setengah dari tunggi bangunan. Sedengan kan untuk ventilasi dapat dibuat ventilasi silang dimana sisi berseberangan terdapat ventilasi dibawah dan diatas. 

2. Pencahayaan Yang Cukup
Cahaya dapat menjaga stabilitas kelembaban fisik bangunan, fisik bangunan yang lembab juga berdampak pada penguninya. Untuk itu cara mendapatkan pencahayaan yang baik adalah dengan perencanaan bangunan yang mengarah ke utara tau selatan. Arah tersebut mampu memaksimalkan cahaya matahari menyinari semua bagaian bangunan.

3. Instalasi Limbah Buangan
Pada kenyataanya limbah menjadi tidak penting dikelola bila sudah melewati batas tanah sendiri. Ternyata dampak akibat limbah yang tidak dikelola juga dirasakan terhadap kesehatan rumah meski sudah berada diluar batas tanah kita. perlu manajemen limbah yang baik dan drainase yang benar agar lingkungan sekitar jadi bersih dan sehat.

4. Daerah Resapan
Terutama untuk rumah didaerah perkotaan yang rapat dan sedikit ruang terbuka. kehadiran daerah resapan sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi genangan air atau bahkan banjir. Hindari kondisi tersebut dengan membuat halaman anda menjadi daerah resapan air dengan memasang Gloss block misalnya.

5. Fasilitas Penampung Air Hujan.
Ini mungkin sedikit kita temua pada rumah-rumah, pada hal dengan adanya penampungan air hujan anda bisa lebih hemat air tanah dan lebih efisien.





Dari lima poin penting diatas maka anda dapat dengan mudah membangun rumah tanpa mendapatkan dampak negatif dikemudian harinya paling tidak meminimalisirnya. begitulah seharusnya mendesain sebuah rumah sehat yang baik untuk semuanya.