Perbedaan Gaya Desain Teras Rumah Minimalis dengan Rumah Klasik

Sebelumnya kita sudah membahas tentang bentuk teras rumah. Nah, sekarang saya akan berbagi beberapa contoh teras rumah minimalis. Ini bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah minimalis baru ataupun renovasi rumah lama yang ingin dijadikan rumah gaya minimalis.

Teras rumah minimalis seperti kita tahu bahwa desainya mengikuti alur fasad rumah. Desainya tidak seperti rumah lama yang lebih sering dilihat berbentuk huruf L dan dak beton. Gaya seperti itu tidak lagi populer, selain pemborosan biaya juga pemborosan lahan. Bentuknya juga tidak begitu menarik karena hanya mengandalkan bentuk persegi panjang. Anda bisa banyangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat dak beton selebar teras anda. Rata-rata dak beton tersebut memiliki panjang 3m kesamping, 3m kebelakang sedangakan lebarnya hampir 2m. Belum lagi perawatan jika terjadi kebocoran, cukup sulit mendeteksi kebocoran pada dak beton, kadang tidak jarang kebocoran berada pada bagian yang tidak terlihat dan akhirnya kita tidak mengetahui dimana letak kebocoran tersebut. Hal yang umum dilakukan untuk mengatasi kebocoran adalah dengan meplester ulang namun itu tida selalu berhasil. Maka dari itu sekarang lebih populer gaya teras yang hanya terfokus pada teras bagian depan saja. Lebar rata-rata untuk rumah sederhana hanya berkisar antara 3m x 3m saja sedangkan atap juga sudah menggunakan atap kuda-kuda.

Kelebihan desain teras rumah minimalis juga terdapat pada gaya desainya yang bisa disesuaikan dengan ketersediaan lahan tidak terfokus pada bentuk tertentu. Anda bisa membuat teras yang sangat mungil dan bisa juga cukup lebar namun ada cirikasnya yaitu hanya terfokus untuk bagian depan rumah saja. Dengan bentuk teras rumah minimalis seperti ini pastinya biaya lebih ringan dan perawatan lebih mudah. bagi anda yang ingin renovasi teras, desain teras rumah minimalis tidak akan menghabiskan biaya yang banyak.